Beberapa kejadian yang belum lama terjadi tentang banyaknya karyawan yang terkena PHK akibat tutupnya beberapa perusahaan yang berada di indonesia mengakibatkan gejolak perkembangan ekonomi di nusantara. Dilansir dari situs berita memberitakan bahawa Panasonic akan menutup pabrik lampunya Panasonic Denco, yang berlokasi di Pasuruan. Penutupan pabrik televisi Toshiba menyebabkan 900 orang buruh berpotensi menjadi korban PHK. "Ini adalah pabrik televisi terbesar Toshiba setelah di Jepang," kata Said Iqbal saat jumpa pers di depan awak media di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (02/02/2016). Sementara, pabrik Panasonic di Pasuruan akan membuat sekitar 600 buruh kehilangan pekerjaan. Panasonic menutup dua pabriknya, yakni Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, mulai awal Januari 2016 dan satu pabrik lain di Bekasi mulai Februari 2016.

google image

Beberapa Tanda Perusahaan Akan Bangkrut

Hal yang harus diwaspadai baik dari pengelola perusahaan dan karyawan untuk persiapan ketika hal yang tidak diinginkan akan menimpa kita. ada beberapa hal yang harus diperhatikan di peruhaan ketika mengalami hal yang semacam ini :

Perusahaan tidak menambah karyawan meski banyak yang keluarJika banyak sesama karyawan yang resign di kantormu itu hal yang biasa. Semua perusahaan tentu mengalami hal ini. Namun, kalau kepergian sejumlah karyawan tidak diikuti rekrutmen karyawan baru, bisa jadi perusahaan kamu tengah melakukan penghematan.
Perusahaan mengurangi bonus
Biasanya perusahaan yang berada dalam kondisi stabil akan memberikan banyak insentif selain gaji dan THR. Contohnya seperti bonus kinerja. Perhatikan besaran bonus yang kamu terima. Bila jumlahnya semakin berkurang tiap tahun dan bahkan ada rencana untuk menghilangkan bonus, bisa jadi keuangan perusahan tengah bermasalah. Sebaiknya, kamu mulai menyusun CV dan mencari pekerjaan baru.
Mulai mengurangi fasilitas kantorFasilitas kantor seperti kendaraan, peralatan kerja bahkan alat-alat hiburan biasanya disediakan perusahaan untuk mendukung kinerja. Kalau kantor kamu mulai mengurangi fasilitas cari tahu terlebih dahulu alasannya pada HRD atau atasan. Bisa jadi pengurangan fasilitas dilakukan karena justru membuat pekerja tidak produktif. Namun, bila penjelasannya tidak memuaskan, kamu bisa curiga pengurangan fasilitas ini berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan. 
Pembayaran gaji makin sering telat
Jika gaji yang kamu terima telat sehari-dua hari itu tidak masalah. Namun, kalau transfer gaji bisa tertunda hingga sepekan atau dua pekan, itu sudah tanda-tanda bahwa perushaan kesulitan cash flow. Sebaiknya cari pekerjaan baru. 
Menjual aset besar-besaran
Aset adalah hal paling penting dalam keuangan sebuah perusahaan. Biasanya aset digunakan untuk melakukukan pinjaman perbankan. Jika aset sudah dilego secara besar-besaran, janbgan-jangan perusahaan tidak mampu lagi membayar utang. 

Tanda-tanda perusahaan akan bangkrut

Berikut ini adalah hal yang harus diwaspadai ketika perusahaan kita mengalami hal yang seperti ini : 
  1. Penurunan dalam industri
    Di waktu tertentu, bisnis tertentu akan menghadapi masalah. Pada akhir 2000-an misalnya, industri majalah cetak banyak digantikan media online. Atau krisis ekonomi akan lebih memukul industri perumahan dan otomotif. Sebaiknya waspada bila manajemen berusaha meyakinkan bahwa krisis tak sampai memukul perusahaan.
  2. Perusahaan melakukan restrukturisasi besar-besaran
    Secara tiba-tiba, departemen Anda berada di bawah yuridiksi beberapa manajer baru yang belum pernah Anda temui. Lebih bahaya lagi jika restrukturisasi telah dilakukan beberapa kali tanpa ada perubahan.
  3. Perusahaan membawa konsultan
    Baik konsultan manajemen atau ahli efisiensi, keduanya membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dan menguntungkan. Mereka membantu perusahaan untuk melihat biaya yang bisa dipotong. Jika konsultan mulai menanyakan apa yang Anda lakukan selama hari kerja, sebaiknya mulailah khawatir.
  4. Perusahaan mulai mencari karyawan alih dayaMenggunakan jasa karyawan alih daya adalah jenis penghematan yang dipilih perusahaan. Biasanya PHK akan dilakukan pada karyawan yang bekerja di lokasi berbiaya tinggi dan karyawan yang lebih senior sebab karyawan ini memperoleh gaji lebih tinggi.
  5. Perusahaan diakuisisi perusahaan lain
    Perusahaan besar yang membeli perusahaan sedang berkembang umumnya memiliki seperangkat perusahaan antara lain HRD, teknologi, administrasi. Pemilik yang baru akan selalu ingin memangkas biaya untuk mengimbangi pembelian mereka.
  6. Perusahaan mulai memotong biaya
    Perlengkapan kantor yang lebih murah, berhenti menyediakan kopi untuk ruang istirahat, menolak membayar lembur, atau menggunakan karyawan alih daya dan memangkas anggaran perjalanan dan hiburan bisa jadi tanda-tanda.
  7. Keuangan perusahaan dalam kesulitanBeberapa perusahaan secara terbuka akan mengungkapkan bahwa perusahaan sedang kesulitan dan mengumumkan adanya pemotongan gaji untuk memangkas biaya.
Demikianlah tanda-tanda perusahaan akan mengalami bangkrut. semoga artikel ini bermanfaat dan baca artikel yang berkenaan dengan daftar perusahaan asuransi di indonesia
loading...